Selasa, 04 November 2008

Farallon Siap Gabung Beli Saham BUMI

HONG KONG - Perusahaan investasi Farallon Capital dan PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk menyatakan siap untuk bergabung dalam konsorsium yang dipimpin Northstar Pacific dalam membeli 35 persen saham Bumi Resources (BUMI) senilai USD1,3 miliar.

Menurut sumber yang dikutip AFX Asia, Selasa (4/11/2008), baik Farallon maupun PT BA saat ini tengah melakukan negosiasi mengenai keikutsertaan mereka dalam konsorsium untuk mengambil alih saham keluarga Bakrie yang tengah dililit utang USD1,1 miliar yang akan jatuh tempo pada April 2009 mendatang.

Sejauh ini, baik Farallon maupun Tambang Batubara belum melakukan penandatangan kesepakatan untuk masuk dalam konsorsium itu.

Sekadar diketahui, keluarga Bakrie telah mencapai kata sepakat untuk melepas 35 persen sahamnya di BUMI kepada Northstar Pacific. Northstar Pacific didirikan pada 2003 oleh Patrick S Walujo. Patrick merupakan mantan bankir Goldman Sachs yang juga menantu TP Rachmat, mantan Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Pada 2006, Northstar bersama Texas Pacific Group (TPG), perusahaan private equity asal Amerika Serikat, meningkatkan dana investasi untuk mengincar perusahaan-perusahaan di Indonesia dan kawasan Asean. TPG dalam situsnya menyebut dana yang dikelolanya sebesar USD500 miliar.

Dana yang dikelola Northstar sebagian berasal dari TPG. Selain itu juga berasal dari dari Government of Singapore Investment Corp Pte Ltd, Duke University Endowment, Kerry Group (Robert Kuok), CIMB, dan Citigroup.

Tidak ada komentar:

world market