Selasa, 04 November 2008

Produksi Minyak OPEC Turun di Bulan Oktober

WINA - Produksi minyak anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengalami penurunan selama Oktober, dua bulan berturut-turut setelah penurunan juga terjadi pada September.

Turunnya produksi itu terjadi setelah Arab Saudi dan Iran memangkas produksinya, serta pengetatan distribusi di Uni Emirat Arab karena adanya pekerjaan pemeliharaan.

Survei terhadap perusahaan-perusaah minyak, pejabat OPEC, serta analis menyebutkan anggota OPEC, tidak termasuk Irak, memangkas produksinya untuk mencapai target yang diinginkan kartel itu, guna memulihkan harga minyak yang terus merosot.

Pasokan minyak OPEC turun 32,23 juta barel per hari (bph) pada Oktober, dari 32,34 juta bph pada September. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Selasa (4/11/2008).

Uni Emirat Arab akan mengurangi produksi minyak 150 ribu hingga 200 ribu bph selama 40 hari pada Oktober dan November untuk kepentingan pemeliharaan, berdasarkan keterangan yang disampaikan perusahaan minyak negeri itu, ADNOC.

Produksi minyak itu akan terus turun, menyusul keputusan OPEC pada 24 Oktober untuk memangkas produksi sebesar 1,5 juta bph. Langkah itu dilakukan OPEC lantaran harga minyak mentah turus turun dari harga tertingginya sebesar USD47,27 per barel pada 11 Juli menjadi USD63 per barel saat ini.

Tidak ada komentar:

world market