Jumat, 17 Oktober 2008

Harga Teoritis Stock Split Apexindo Tak Kurang dari Rp100

JAKARTA - PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) akan melakukan pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan rasio sebanyak-banyaknya 1:5. Perseroan telah menentukan harga teoritis saham, dan akan meminta persetujuan pada pemegang saham pada RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) 13 November 2008 mendatang.

"Harga teoritis saham perseroan setelah dilakukannya perubahan nilai nominal saham (stock split) tidak akan kurang dari Rp100," ujar Direktur Utama APEX Hertriono Kartowisastro, di Jakarta, Kamis (16/10/2008).

Saat ini nilai nominal saham APEX sebesar Rp500 dengan total jumlah saham dalam Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh sebanyak 2.657.911.000. Dengan asumsi perseroan melakukan stock split 1:5, nilai nominal saham saham APEX akan menjadi Rp100. Jumlah Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh akan menjadi 13.289.555.000.

Kabar yang tersebar di pasar menyebutkan bahwa rencana stock split tersebut terkait rencana right issue perseroan. Penawaran saham terbatas itu dilakukan untuk mengembalikan pembelian saham perseroan yang dilakukan oleh PT Mitra Adi Perkasa (MIRA).

Selain stock split, perseroan juga akan meminta persetujuan pemegang saham untuk menggunakan dana internal, serta melakukan peminjaman dengan penjaminan aset dan aktiva, untuk pembelian satu unit FPSO (Floating Production Storage Offloading).

Seperti diketahui, anak usaha APEX, Raniworo Pte Ltd (Raniworo) akan membeli FPSO dari Mira International Holdings Pte. Ltd (MIH) sebesar USD90 juta. Dana pembelian tersebut, akan menggunakan kas internal. "Rencana transaksi telah disepakati oleh pihak MIH dan Raniworo," ujar Direktur APEX Suarmin Tioniwar.

Tidak ada komentar:

world market