Kamis, 14 Agustus 2008

Harga Minyak Naik ke USD116

NEW YORK - Harga minyak mentah kembali naik USD3 per barel, setelah AS mengumumkan penurunan cadangan minyak mentah dan bahan bakar minyak.

Harga minyak mentah pada perdagangan Rabu 14 Agustus, waktu setempat, naik USD2,99 menjadi USD116 per barel setelah kecemasan terhadap permintaan menekan harga ke level terendah dalam tiga bulan, USD112,31 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah jenis brent menguat USD2,33 menjadi USD113,47 per barel.

Seperti dikutip dari Associated Press (AP) Kamis (15/8/2008), cadangan bahan bakar minyak AS anjlok 6,4 juta barel dalam sepekan yang berakhir 8 Agustus, karena ada penurunan produksi.

Sedangkan cadangan minyak Negeri Paman Sam mentah merosot 400 ribu barel, yang sebagian besar akibat penutupan fasilitas akibat kekhawatiran serangan topan Edouard.

Volatilitas harga minyak berpotensi terjadi lagi menyusul belum terselesaikannya konflik antara Rusia dengan Georgia yang mengancam jalur pasokan minyak dan gas dari Laut Kaspia ke Eropa.

Sebab, beberapa perusahaan minyak multinasional telah menutup sebagian fasilitas mereka di wilayah Georgia. Mereka takut situasi akibat perang akan semakin memanas.

Tidak ada komentar:

world market