Selasa, 08 Juli 2008

Analisa Saham Hari ini

JAKARTA - Indeks saham pada perdagangan hari ini berpotensi bergerak sideways atau dua arah. Adanya listing saham destinasi PT Destinasi Tirta Nusantara menjadi salah satu pendorong pergerakan indeks, kendati tidak signifikan.

Diprediksikan sektor pertambangan yang mendominasi laju pergerakan IHSG hari ini. Apalagi, pekan depan Adaro berencana untuk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Berikut analisa saham hari ini


Indeks melemah 10 poin keposisi 2.303 dengan nilai transaksi hanya Rp3 triliun, menunjukkan investor belum sepenuhnya fokus ke pasar.

Akumulasi saham pertambangan batu bara seperti PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) karena minggu depan ada momentum IPO Adaro sehingga dimungkinkan membawa sentimen ke sektoral.

Selanjutnya indeks diperkirakan bergerak mixed di kisaran 2.280-2.320 dengan pilihan saham PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA), dan PT United Tractors Tbk (UNTR).


Tekanan jual PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menahan laju penguatan IHSG pada perdagangan kemarin, sehingga ditutup pada kisaran support harga 2.295.

Insentif segar adanya perdagangan saham baru, diharapkan mampu mendorong kembali pergerakan IHSG untuk bertahan pada teritori positif. Diperkirakan pada perdagangan hari ini IHSG akan bergerak pada kisaran 2.285 - 2.315.


Melemahnya saham-saham lapis utama mengakibatkan indeks pada awal pekan ditutup melemah 10 poin. Volume perdagangan yang semakin tipis dan posisi indeks yang berada dikisaran psikologis di 2.300 mengindikasikan indeks bergerak mendatar dengan kisaran 2.280-2.320.

Tidak ada komentar:

world market