Rabu, 16 Juli 2008

Analisa Saham Hari ini

JAKARTA - Melemahnya indeks saham di pasar global membuat indeks di bursa regional terimbas. Termasuk di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pelemahan masal indek saham rawan menyisir indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (16/7/1008) ini. Namun dengan listingnya PT Adaro Energy Tbk pagi ini sedikit memberi harapan untuk sektor pertambangan.

Berikut analisa untuk hari ini


Turunnya bursa Hang Seng hampir empat persen menyebabkan indeks turun tajam menembus support kuat di 2.220 ke posisi 2.214. Sentimen keputusan PT Antam Tbk (ANTM) atas Herald menyebabkan PT Bumi Resources Tbk (BUMI) naik 3,7 persen sehingga menggoffset penurunan indeks lebih dalam.

Indeks selanjutnya fokus pada IPO Adaro Energy yang diharapkan bisa membawa rebound dikisaran 2.190-2.240 dengan pilihan saham: PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA), PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP).


Penurunan bursa regional memberikan sentimen negative terhadap IHSG sehingga ditutup melemah 44 poin. Indeks pada hari ini masih akan mengalami penurunan dengan rentang 2.200-2.350.


Kondisi pasar global yang kurang kondusif, kembali menekan pergerakan IHSG hingga mendekati level support 2.200. Melemahnya perekonomian global serta gejolak pergerakan harga minyak yang mencemaskan, masih merupakan katalis yang menentukan arah IHSG. Investor membutuhkan dorongan positif untuk melakukan penetrasi pasar agar IHSG dapat bertahan pada area 2.200 atau bergerak pada kisaran 2.220 - 2.265.

Tidak ada komentar:

world market