Kamis, 03 Juli 2008

Bumi Naikkan Tawaran Menjadi 2,85 Dolar Australia

JAKARTA - Setelah Herald Resources Ltd mengambil posisi netral atas tawaran berimbang dari Tango Mining Pte Ltd dan Calipso Investment Pte Ltd di level 2,80 dolar Australia per saham. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui Calipso menaikkan tawaran menjadi 2,85 dolar Australia per saham.

"Bumi menyatakan menaikkan tawaran tanpa syarat (unconditional take offer) di level 2,85 dolar Asutralia per saham," kata Presiden Direktur Bumi Ari Hudaya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (2/7/2008).

Dia mengatakan, Calipso juga akan memperpanjang masa penawaran hingga 18 Juli 2008, dan ditutup pukul 19.00 waktu Sidney. Adapun penawaran di level 2,85 dolar Australia per saham akan berlaku efektif per 3 Juli 2008. "Tawaran itu berlaku besok (hari ini)," ujarnya.

Calipso memberikan harga lebih tinggi dari pesaingnya Tango Mining Pte Ltd yang menawar 2,80 dolar Australia per saham.� Tawaran baru tersebut juga lebih tinggi 102 persen dari rata-rata premium harga saham Herald, sekaligus lebih tinggi dari penawaran awal Bumi pada 12 Desember 2007 di level 2,25 dolar Australia per saham.

Ari Hudaya meminta agar pemegang saham Herald menerima peningkatan tawaran Calipso. Pasalnya, Calipso menawarkan termin pembayaran yang menarik yakni mereka akan memperoleh dana tunai 12 hari setelah 12 hari.

Sementara PT Antam Tbk (Antam) dan Shenzhen Zhongjin Lingnan Nonfemet Co. Ltd (Zhongjin), melalui Tango Mining Pte Ltd memperpanjang masa penawaran menjadi 5 Juli 2008 pukul 17.00 waktu Perth Australia dari sebelumnya tanggal 1 Juli 2008.

Sebelumnya, Tango mengumumkan penawarannya sebesar 2,80 dolar Australia atas saham Herald yang bersifat unconditional (tanpa syarat). Hingga saat ini Tango belum terlihat akan menaikan harga tawarannya. Namun jika mengacu pada saat
pertama kali Tango membeli 21,2 juta saham Herald di level 2,5 dolar Australia per saham, maka dana yang telah dikeluarkan Tango mencapai 53 juta dolar Australia. Jika Tango memilih mundur, maka Tango akan mendapat untung 7,42 juta dolar Australia atas penjualan 21,2 juta saham di harga baru Calipso sebesar 2,85 dolar Australia.

Hingga berita ini diturunkan Antam belum memberikan pernyataan. Corporate Secretary Antam Bimo Budi Satrio saat dikonfirmasi melalui telepon seluler tidak diangkatnya.

Perebutan mendapatkan Herald oleh Antam dan BUMI kemungkinan masih berlanjut. Pasalnya, pemegang saham Antam dan BUMI telah memberi keleluasaan untuk menawar saham Herald hingga batas harga wajar. Penilai independen Antam-Zhongjin menyatakan valuasi wajar Herald hingga 3,5 dolar Australia. Sementara BUMI diberi keleluasaan menawar hingga 3,29 dolar Australia.

Tidak ada komentar:

world market