Kamis, 10 Juli 2008

Sepi Sentimen, IHSG Berjalan Lamban

JAKARTA - Untuk perdagangan hari ini diperkirakan indeks akan berusaha menguat walaupun tidak banyak.

Sepinya sentimen di pasar saham membuat indeks bergerak lemban dan cenderung mengekor tindeks regional dan global. Untuk perdagangan Kamis (10/7/2008) ini, sektor pertambangan dan perkebunan masih mendominasi.


IHSG masih belum bisa keluar dari phase konsolidasi setelah aksi profit taking menghambat laju indeks pada sesi pertama.

Minimnya sentimen positif menghalang penguatan indeks, maka diperkirakan IHSG akan cenderung flat-to-positif menguji kembali 2.300. Dengan demikian IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak dalam kisaran 2.260-2.310.


Indeks akhirnya menguat tipis tujuh poin kelevel 2.286 walaupun diwarnai tekanan jual sektor pertambangan, energi dan perkebunan. Switching sektoral tampaknya sedang terjadi dimana sektor perbankan, semen dan properti mulai rebound.

Investor bisa mencermati saham disektor tersebut yang undervalued dan berfundamental bagus. Selanjutnya ancaman harga minyak perlu dicermati kembali setelah sempat turun. Indeks diperkirakan bergerak mixed dikisaran 2.270-2.300, dengan pilihan saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), PT Semen Gresik Tbk (SMGR), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI).


Menguatnya bursa regional memberikan dampak terhadap IHSG sehingga ditutup positif tujuh poin. Dominasi dari sentimen regional dan harga komoditi akan menentukan arah indeks pada hari ini. Indeks akan bergerak dengan rentang harga 2.250-2.300.

Tidak ada komentar:

world market