Rabu, 04 Juni 2008

IHSG Bersiap Rebound

Jakarta - Bursa-bursa regional mulai mengacuhkan pelemahan Wall Street. Meski berpotensi untuk rebound, namun investor masih akan terus bersiaga menunggu hasil Rapat Dewan Gubernur BI pada 5 Juni mendatang.

Investor memperkirakan akan ada kenaikan BI Rate antara 25 hingga 50 basis poin, setelah melihat tingginya inflasi yang secara year on year sudah menembus dua digit.

IHSG pada perdagangan Rabu (4/6/2008) berpotensi untuk rebound terbatas. Investor terdorong oleh penguatan bursa-bursa regional.

Indeks Nikkei-225 di Bursa Saham Tokyo pada pagi ini menguat tipis 62,59 poin (0,44%) ke level 14.271,76. Bursa regional tampaknya mulai mengacuhkan pelemahan yang kembali terjadi di bursa Wall Street.

Indeks Dow Jones kemarin ditutup kembali melemah setelah adanya laporan bahwa Lehman Brothers sedang mencari suntikan dana untuk menaikkan modalnya. Indeks Dow Jones melemah 100,97 poin (0,81%) ke level 12.402,85. Nasdaq juga melemah 11,05 poin (0,44%) ke level 2.480,48.

Berikut rekomendasi saham untuk hari ini:


Indeks melemah 23 poin ke 2.403 dipicu sentimen negatif tingginya inflasi disamping bursa regional yang tertekan. Belum adanya sentimen positif dari domestik bakal menyebabkan indeks kembali melemah dikisaran 2.380-2.430 dengan saham pilihan: PGAS, TINS, UNVR, INDF, dan AALI.


Bursa Indonesia pada perdagangan kemarin kembali berada dalam teritori negatif, in line dengan bursa regional yang kemarin mengalami tekanan jual. Indeks ditutup melemah 23,95 poin di level 2403,8. Pelemahan indeks kemarin juga didorong oleh melemahnya saham BUMI (-2,5%) sebagai index mover.

Sementara bursa US semalam kembali terkoreksi terkait buruknya data perekonomian US dan tingginya inflasi akibat tingginya harga minyak. Rumor mengenai Lehman Brothers yang membutuhkan peningkatan modal mencapai US$4 miliar, membawa indeks Dow kembali terkoreksi 0,8%. Sementara beberapa bursa Asia mengalami teknikal rebound setelah koreksi yang cukup dalam kemarin.

Bursa Indonesia diperkirakan masih akan bergerak melemah dengan volume terbatas, seiring investor masih menunggu keputusan BI mengenai BI Rate pada tanggal 5 Juni. Beberapa saham yang kemarin sempat terkoreksi cukup dalam, diperkirakan akan mengalami teknikal rebound, seperti BUMI, ITMG, BBRI dan BMRI.

Tidak ada komentar:

world market